Invite a Co-worker
Send a co-worker an invite to the Exchange portal.Just enter their email address and we’ll connect them to register. After joining, they will belong to the same company.
Send Invite Cancel
80812members
346877posts

Esensi Keselamatan Listrik - 5 Titik Kunci yang perlu diperiksa dirumah

HelvinHermanT
Captain Captain
Captain

Esensi Keselamatan Listrik - 5 Titik Kunci yang perlu diperiksa dirumah

Keselamatan dalam Rumah tinggal menjadi perhatian yang penting bagi banyak orang.

Pentingnya edukasi kepada penghuni rumah sangat diperlukan untuk dapat mendeteksi dan mencegah hal hal yang tidak diinginkan.

 

Mari kita lihat Video Edukasi mengenai "Esensi Keselamatan Listrik" - Mari kita cek 5 Titik Kunci di rumah anda.

 

https://www.youtube.com/watch?v=-pWWn11vSuk&list=PLa7UGrWOTyjlrKBvQl8toRYtR-Tixwx3C&index=3 

 

Silahkan gunakan autogeneration substitle Bahasa Indonesia

 

Apa saja 5 Titik yang perlu di periksa di rumah anda :

 

1. Periksa Box / Panel Kelistrikan anda.

Box listrik didisain untuk memproteksi kelistrikan dari kegagalan listrik (hubung singkat) dan api. Gunakan box listrik yang dapat melindungi komponen listrik dari paparan sinar matahari langsung, debu dan kelembaban (kebocoran air). Hindari membeli komponen listrik seperti MCB palsu (atau KW 1 / KW 2) / KW 3), selalu gunakan komponen listrik yang asli dari toko resmi terdekat.

 

Panel / box listrik juga harus mudah diakses pada saat darurat. Box listrik yang terhalang (dibelakang lemari) dan sulit diakses akan sangat berbahaya pada saat perlu tindakan untuk mematikan listrik.

Cek 1 - Copy.jpg

 

2. Periksa Proteksi Tambahan. Apakah sudah tersedia proteksi tambahan seperti proteksi Arus bocor 30mA (Bahaya Kesetrum). Proteksi dengan RCCB / RCBO / RCD memberikan perlindungan tambahan bagi keselamatan penghuni rumah dari bahaya kesetrum.

 

Cek 2.jpg

 

3. Periksa peralatan listrik anda dari keausan dan kerusakan.

Seiring dengan waktu dan penggunaan, komponen peralatan listrik bisa menjadi rusak atau usang. Segera ganti komponen listrik jika sudah terlihat tanda tanda keausan seperti gosong. Direkomendasikan rutin penggantian komponen dengan periode maximal setiap 20 - 25 tahun.

 

Cek 3.jpg

 

4. Periksa komponen kelistrikan lainnya seperti Stop Kontak / Steker / Colokan Listrik.

Segera ganti jika terdeteksi kerusakan atau tanda tanda keausan seperti bercak gosong akibat percikan api listrik dan akibat penggunaan berlebih. Direkomendasikan penggantian komponen secara berkala maximal setiap 25 tahun. 

 

Cek 4.jpg

 

5. Periksan kondisi dari peralatan yang terhubung dengan listrik rumah

Periksa kabel listrik, sambungan listrik, kabel ekstension, dan Peralatan Rumah Tangga. Periksa dari bahaya akibat kerusakan pada kabel atau pada sambungan listrik. Hindari menggunakan sambungan listrik yang bertumpuk tumpuk yang bisa mengakibatkan timbullnya panas dan terbakar. Periksa kondisi kabel listrik yang rusak akibat tertekan, tertindih, digigit tikus, atau terbakar. Kabel listrik yang terasa hangat saat dipegang menunjukkan bahwa kabel tersebut sudah melebihi kapasitasnya, segera kurangi beban atau ganti kabel dengan kapasitas yang lebih besar..

 

Cek 5.jpgCek 5b.jpgCek 5a.jpg

 

Selain tanda tanda kerusakan berupa bercak gosong dan bau gosong, juga perlu diwaspadai jika terdeteksi bunyi bunyi pada sambungan listrik atau pada colokan dirumah anda.

Bunyi bunyi tersebut bisa disebabkan oleh percikan api akibat koneksi kendur, sambungan kotor (kelembaban dan debu) dan juga bisa disebabkan semut yang bersarang di rumah stop kontak.

 

Kewaspadaan sangat penting untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan.

1 Reply 1
HelvinHermanT
Captain Captain
Captain

Re: Esensi Keselamatan Listrik - 5 Titik Kunci yang perlu diperiksa dirumah

Tags (1)